Tuesday 30 June 2015

Doa Terpenting Saat Sahur

Sahur merupakan salah satu sunnah dalam puasa ramadhan ini. Selain itu, saat sahur juga merupakan salah satu waktu yang sangat mustajab untuk berdoa di bulan Ramadhan. Sunnah sahur ini sama dengan sepertiga malam terakhir, hal ini sebagaimana yang disabdakan Rasulullah SAW tentang keutamaannya.


يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepadaKu, niscaya akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepadaKu, niscaya Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepadaKu, niscaya akan Aku ampuni.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)



Lantas, bacaan atau doa apa yang paling utama dibaca ketika sahur? Untuk hal tersebut, lihatlah Firman Allah SWT dalam QS. Ali Imran : 17

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
الصَّابِرِينَ وَالصَّادِقِينَ وَالْقَانِتِينَ وَالْمُنْفِقِينَ وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ

“(yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah) dan yang memohon ampun di waktu sahur.” (QS. Ali Imran: 17)


Dengan demikian, bacaan paling utama di waktu sahur adalah istighfar, yang berarti memohon ampun kepada Allah SWT.


Salah seorang sahabat nabi, Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu juga memperbanyak istighfar di waktu sahur Beliau berdoa:
ربّ أمرتني فأطعتك هذا سحر، فاغفر لي

“Ya Tuhanku, Engkau telah memerintahkan kepadaku, maka aku taati perintah-Mu. Dan inilah waktu sahur, maka berikanlah ampunanmu kepadaku.”


Begitu mustajabnya waktu sahur. Selain makan sahur, mari kita manfaatkan sebaik-baiknya waktu sahur ini dengan berdoa dan beristighfar kepada Allah SWT.

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat.

Baca Juga : 4 Cara Allah Memberi Anda Rezeki, Menurut Al-Qur'an

source

Mohon untuk memberikan like kepada fanspage kami https://www.facebook.com/paijodarks
Karena 1 like dari anda sangat berharga

No comments :

Post a Comment