Thursday 21 April 2016

Beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi

1.    Beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi
a.    Teknis organisasi
Bentuk susunan organisasi dimana para karyawan bekerja, memberi pengaruh yang sangat besar kepada semangat dan kepuasan kerja karyawan. Makin teratur susunan dan pembagian tugas dalam suatu organisasi mengakibatkan tidak ada kesimpang-siuran pembagian tugas, sehingga berakibat tidak adanya kesimpang-siuran tanggung jawab pada masing-masing karyawan. Hal tersebut memberi gambaran yang lebih jelas mengenai apa tugas mereka dan kepada siapa mereka harus mempertanggungjawabkannya. Tetapi apabila keadaan sebaliknya, dimana para karyawan tidak mengetahui tugas dan tanggung jawab mereka, hal ini akan mengakibatkan mereka bekerja secara acak-acakan dan timbul keengganan untuk bekerja lebih bersemangat.
b.    Struktur sosial
Struktur sosial suatu kelompok membawa pengaruh yang
tidak kecil artinya bagi diri pribadi para anggota. Mereka lebih senang bekerja dalam suatu kelompok dimana terdapat pergaulan yang fleksibel.
c.    Kemauan untuk menyelesaikan tugas
Produktivitas masing-masing karyawan sangat tergantung
kepada kemauan mereka untuk bekerja keras. Hal ini erat sekali hubungannya dengan:
1)    Bagaimana kelompok karyawan tujuan
2)    Tingkat perbandingan, darimana suatu kelompok memenuhi kebutuhan-kebutuhan para anggotanya sehingga mengakibatkan para karyawan mau bekerja.
d.    Imbalan yang diterima dari bekerja
Imbalan yang diterima para karyawan baik imbalan instrinsik maupun imbalan ekstrinsik sangat berpengaruh terhadap semangat kerja mereka. Sistem pemberian imbalan ekstrinsik misalnya upah yang wajar dan adil akan mengakibatkan karyawan dapat bekerja dengan tenang dan semangat kerja bisa meningkat, tetapi sebaliknya kalau sistem pemberian upah dianggap kurang wajar dan kurang adil antara masing-masing karyawan maka menimbulkan suasana kerja tidak tenang dan,
e.    Dapat diterimanya karyawan sebagai anggota kelompok
Dapat diterimanya karyawan sebagai anggota kelompok, akan membawa pengaruh terhadap ketenangan kerja suatu kelompok atau karyawan itu sendiri. Dengan demikian para karyawan dalam suatu kelompok dapat bekerja dengan cermat dan merasa ikut memiliki terhadap apa yang mereka hasilkan. Mereka dapat bekerja dengan gembira dan sukses kelompok juga merupakan sukses mereka. Namun sebaliknya apabila ada karyawan yang kurang dapat diterima oleh suatu kelompok karena adanya ketidakwajaran, maka ketenangan kerja kelompok maupun karyawan itu sendiri kurang terjamin, sehingga prestasi kerja menurun


No comments :

Post a Comment