Thursday 21 April 2016

Proses Pengembangan

Proses Pengembangan
              Proses atau langkah-langkah pengembangan hendaknya dilakukan sebagai berikut :
a.   Sasaran
                  Setiap pengembangan harus terlebih dahulu ditetapkan secara jelas sasaran yang ingin dicapai. Apakah sasaran pengembangan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan teknis mengerjakan pekerjaan ataukah untuk meningkatkan kecakapan memimpin dan conceptual skills. Penetapaan sasaran harus didasarkan kepada kebutuhan jabatan atau pekerjaan dari karyawan yang bersangkutan.
b.   Kurikulum
                  Kurikulum atau mata pelajaran yang akan diberikan harus mendukung tercapainya sasaran dari pengembangan itu.
      Kurikulum harus ditetapkan secara sistematis, jumlah jam pertemuan, metode pengajaran dan system evaluasinya harus jelas agar sasaran dari pengembangan itu optimal.
c.   Sarana
                  Mempersiapkan tempat dan alat-alat yang akan digunakan dalam pelaksanaan pengembangan. Penyediaan tempat dan alat-alat harus didasarkan pada prinsip ekonomi serta berpedoman pada sasaran pengembangan yang ingin dicapai.
d.   Peserta
                  Menetapkan syarat-syarat dan jumlah peserta yang dapat mengikuti pengembangan, misalnya usia, jenis kelamin, pengalaman kerja dan latar belakang pendidikannyaa. Peserta pengembangan sebaiknya mempunyai latar belakang yang relative homogen dan jumlahnya ideal, supaya kelancaran pengembangan terjamin.
e.   Pelatih
                  Menunjuk pelatih ataua instruktur yang memiliki persyaratan untuk mengajarkan setiap mata pelajaran sehingga sasaran pengembangan tercapai. Pengangkatan pelatih atau instruktur harus berdasarkan kemampuan objektif (teoritis dan praktis) bukan didadasarkan kepada kawan atau saudara. Dengan pelatih yang qualified akan menghasilkan anak didik yang baik.
f.    Pelaksanaan

                  Melaksanakan proses belajar mengajar artinya setiap pelatih mengajarkan materi pelajaran kepada peserta pengembangan. Proses belajar mengajar harus diakhiri dengan ujian aatau evaluasi untuk mengetahui sasaran pengembangan tercapai atau tidak.

No comments :

Post a Comment