Thursday 21 April 2016

Pengukuran ROI

Pengukuran ROI
1.   Menghitung Biaya
                  Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengukur ROI suatu pelatihan adalah menghitung biaya pelatihan, yang mencakup hal-hal berikut :
      a)    Desain dan pengembangan
              Untuk dapat menghasilkan suatu program pelatihan yang baik, maka harus dilewati tahapan-tahapan tertentu. Salah satu tahapan adalah perancangan dan pengembangan yang matang, termasuk mengukur kebutuhan pelatihan. Pada tahapan ini, tidak jarang penyelenggara membutuhkan bantuan konsultasi dengan pihak lain. Sedangkan untuk  mengembangkan materi pelatihan mungkin dibutuhkan serangkaian penelitian atau observasi dan analisis. Semua itu tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
      b)    Promosi
              Suatu pelatihan membutuhkan waktu untuk diterima oleh karyawan atau pihak manajemen. Sebelum dilaksanakan pelatihan terlebih dahulu harus diperkenalkan pada seluruh karyawan yang ada dalam organisasi. Untuk melaksanakan hal ini seringkali pihak penyelenggara pelatihan harus mengadakan pertemuan dengan manajer dari divisi lain atau bahkan harus melakukan perjalanan keluar kota/luar negeri. Tentu saja biaya-biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan tersebut harus dihitung dengan seksama.
      c)    Administrasi
              Termasuk dalam biaya administrasi adalah semua biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan surat menyurat, telepon, pembuatan formulir, buku absen dan biaya pendaftaran yang dibebankan kepada peserta.
      d)    Material
              Pada umumnya dalam setiap pelatihan, materi telah disusun sedemikian rupa dalam satu buku atau bendel sehingga lebih memudahkan peserta dalam mengikuti pelatihan. Materi pelatihan bisa berupa buku panduan (manual) atau buku kerja (worksheet).
      e)    Fasilitas
              Fasilitas yang digunakan dalam pelatihan dapat berupa sewa ruangan, media pelatihan ataupun fasilitas lain secara khusus disediakan untuk kelancaran jalannya pelatihan.
      f)     Fakultatif

              Termasuk dalam kategori biaya adalah semua biaya yang berhubungan dengan pelaksanaan pelatihan, baik yang dilaksanakan dengan bantuan instruktur, pelatih atau fasilitator langsung maupun pelatihan yang dilaksanakan oleh si peserta sendiri

No comments :

Post a Comment