Wednesday 20 April 2016

Kualifikasi yang menjadi dasar seleksi

Kualifikasi yang menjadi dasar seleksi
            Penyeleksi harus mengetahui secara jelas kualifikasi yang akan diseleksi dari pelamar. Hal ini sangat penting supaya sasaran dicapai dengan baik. Tanpa mengetahui secara jelas kualifikasi seleksi akan mengakibatkan sasaran yang dicapai menyimpang. Kualifikasi yang menjadi dasar seleksi meliputi :

a. Umur
            Umur harus mendapat perhatian karena akan mempengaruhi kondisi fisik, mental, kemampuan kerja, tanggung jawab seseorang. Umur pekerja juga diatur oleh undang-undang perburuhan. Karyawan muda umumnya mempunyai fisik yang lebih kuat , dinamis dan kreatif, tetapi cepat bosan, kurang bertanggung jawab dan cenderung absensi dan turnover-nya tinggi. Karyawan yang umurnya lebih tua kondisi fisiknya kurang, tetapi bekerja ulet, tanggung jawabnya besar, serta absensi dan turn overnya rendah.

b.  keahlian
            keahlian harus mendapat perhatian utama kualifikasi seleksi. Hal ini yang akan menentukan mampu tidaknya seseorang menyeleksi pekerjaan yang ditugaskan kepadanya. Keahlian ini mencakup technical skill, human skill, conceptual skill, kecakapan untuk memanfaatkan kesempatan,serta kecermatan menggunakan peralatan yang dimiliki perusahaan dalam mencapai tujuan.
c.  Kesehatan Fisik
            Kesehatan fisik sangat penting untuk menduduki suatu jabatan. Tidak mungkin seseorang dapat menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik jika sering sakit. Bahkan, perusahaan akan dibebani pengeluaran biaya perawatan yang cukup besar.

d.  Pendidikan
            Pendidikan merupakan suatu indicator yang mencerminkan kemampuan seseorang untuk dapat menyelesaikan suatu pekerjaan. Dengan latar belakang pendidikan pula seseorang dianggap akan mampu menduduki suatu jabatan tertentu.

e. Jenis Kelamin
            Jenis kelamin harus diperhatikan berdasarkan sifat pekerjaan, waktu mengerjakan dan peraturan perburuhan. Misalnya, untuk pekerjaan berat atau untuk jaga malam kurang pantas dijabat wanita. Demikian juga untuk pekerjaan merawat bayi kurang cocok dilakukan oleh pria.

f.   Bakat
            Bakat (mental aptitude) perlu mendpat perhatian, karena orang yang berbakat lebih cepat berkembang dan mudah menangkap pengarahan yang diberikan dan lebih kreatif dalam mengembangkan dirinya.

g.  Temperamen
            Temperamen merupakan pembawaan seseorang yang sulit dipengaruhi oleh lingkungan dan melekat pada dirinya. Penilaian temparamen calon karyawan agak sulit dan untuk penilaiannya biasanya diserahkan kepada psikolog.

h.  Karakter
            Karakter atau kepribadian berbeda dengan temperamen, karakter merupakan sifat pembawaan seseorang yang dapat diubah dengan lingkungan atau pendidikan, sedangkan temperamen tidak dapat diubah oleh lingkungan.


i.   Pengalaman Kerja
            Pengalaman kerja seorang pelamar hendaknya mendapat pertimbangan utama dalam proses seleksi. Orang yang berpengalaman merupakan calon karyawan yang telah siap pakai.

j.   Kerja Sama
            Kerjasama harus diperhatikan dalam proses seleksi, karena kesediaan kerja sama, baik vertical maupun horizontal merupakan kunci keberhasilan perusahaan asalkan kerja sama itu sifatnya positif serta berazaskan kemampuan.

k.  Kejujuran
            Kejujuran merupakan kualifikasi seleksi yang sangat penting karena kejujuran merupakan kunci untuk mendelegasikan tugas kepada seseorang. Perusahaan tidak akan mendelegasikan wewenang kepada seseorang yang tidak jujur dan tidak bertanggung jawab.

l.   Kedisiplinan
            Kediplinan perlu diperhatikan dalam proses seleksi karena untuk dapat menyelesaikan tugas dengan baik seseorang harus disiplin, baik pada dirinya sendiri maupun pada peraturan perusahaan. Karyawan yang kurang disiplin sulit diharapkan mendapat hasil kerja yang baik.

m. Insiatif dan Kreatif
            Inisiatif dan kreatif merupakan kualifikasi seleksi yang penting karena inisiatif dan kreatif dapat membuat seseorang mandiri dalam menyelesaikan pekerjaannya.

n.  Sistem dan Prosedur Seleksi

            Sistem dan prosedur seleksi harus berdasarkan efisiensi (uang, waktu, tenaga) dan bertujuan untuk memperoleh karyawan yang terbaik dengan penempatannya yang tepat. 

No comments :

Post a Comment