Wednesday 20 April 2016

Metode-Metode Penarikan

Metode-Metode Penarikan
                  Banyaknya lamaran yang masuk kedalam perusahaan sangat dipengaruhi oleh metode penarikan. Metode penarikan calon karyawan baru adalah “metode tertutup dan metode terbuka”
a. Metode tertutup, adalah ketika penarikan hanya diinformasikan kepada para karyawan atau orang-orang tertentu saja . Akibatnya lamaran yang masuk relative sedikit sehingga kesempatan untuk mendapatkan karyawan yang baik sulit.
b.   Metode terbuka, adalah ketika penarikan diinformasikan secara luas dengan memasang iklan pada media masa cetak maupun elektronik, agar tersebar luas ke masyarakat. Dengan metode terbuka diharapkan lamaran banyak masuk sehingga kesempatan untuk mendapatkan karyawan yang qualified lebih besar.
 Beberapa masalah dalam rekruitmen
      Agar proses rekruitmen dapat berhasil perlu kiranya didasari beberapa masalah. Walaupun maslah-masalah yang ada pada tiap organisasi bervariasi sesuai dengan situasi dan kondisinya namun secara umum masalah-masalah yang perlu untuk dipertimbangkan adalah sebagai berikut :
      a. Kebijaksanaan-kebijaksanaan organisasi
           Kebijaksanaan-kebijaksanaan  organisasi yang merupakan faktor yang sangat berpengaruh dalam rekruitmen :

     1)    Kebijaksanaan serta imbalan
            Kendala umum yang selalu dihadapi pelaksana rekruitmen adalah kebijaksanaan-kebijaksanaan pengupahan atau penggajian, insentif, pemberian tunjangan-tunjangan serta kebijaksanaan promosi. Besarnya imbalan yang ditawarkan perusahaan akan berpengaruh terhadap besar kecilnya calon pelamar, melamar disuatu organisasi perusahaan.
     2).   Kebijaksanaan status karyawan
            Status karyawan yang ada pada perusahaan, terdiri dari karyawan tetap, honorer, musiman dan sementara. Besar kecilnya calon pelamar melamar pada suatu perusahaan sangat tergantung pada status karyawan yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan.

b.  Perencanaan sumber daya manusia
                  Perencanaan sumber daya manusia merupakan faktor yang mempengaruhi dalam proses rekruitmen. Dengan perencanaan sumber daya manusia yang baik maka akan pada waktu tertentu akan dapat diketahui berapa jumlah dan macam tenaga kerja yang dibutuhkan. Perencanaan ini akan membantu dalam proses rekruitmen yang akan dilaksanakan.

c. Kondisi pasar tenaga kerja
     Kondisi pasar tenaga kerja ditentukan besar kecilnya penawaran (supply) dan permintaan (demand) tenaga kerja. Apabila penawaran tenaga kerja lebih besar dari permintaannya maka harga tenaga kerja akan murah dan organisasi perusahaan dapat mencari tenaga dalam waktu yang singkat dan mudah.

d.  Kebijaksanaan kompensasi dan kesejahteraan
     Jika perusahaan dapat memberikan kompensasi dan kesejahteraan yang cukup besar serta adil, maka pelamar yang serius semakin banyak dan sebaliknya jika gaji dan kesejahteraan rendah, maka pelamar akan sedikit.

e.  Kebijaksanaan promosi
     Apabila kesempatan untuk promosi diberikan cukup luas maka pelamar yang serius semakin banyak. Sebaliknya jika kesempatan untuk promosi sangat terbatas, pelamar akan sedikit. Promosi merupakan idaman setiap karyawan karena dengan promosi berarti status dan pendapatan akan bertambah besar.
f.   Kebijaksanaan status karyawan
     Jika status karyawan menjadi karyawan tetap (full time) pelamar semakin banyak, tetapi sebaliknya jika status karyawan honorer, harian (part timer) maka pelamar semakin sedikit.

g.  Kebijaksanaan sumber tenaga kerja
     Jika tenaga kerja yang akan diterima hanya bersumber dari tenaga kerja lokal maka pelamar yang serius akan sedikit, tetapi sebaliknya jika tenaga kerja yang akan diterima bersumber dari seluruh nusantara maka pelamar semakin banyak.

h.  Persyaratan jabatan
     Semakin banyak persyaratan yang harus dimiliki pelamar maka pelamar semakin sedikit. Sebaliknya jika persyaratan sedikit, maka pelamar akan semakin sedikit.

i.   metode pelaksanaan penarikan
     Semakin terbuka penarikan melalui surat kabar, radio atau TV maka pelamar semakin banyak. Sebaliknya semakin tertutup penarikan maka pelamar semakin sedikit.

j.   Solidaritas perusahaan
     Solidaritas perusahaan diartikan besarnya kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan, misalnya besarnya perusahaan. Jika solidaritas perusahaan besar, pelamar semakin banyak. Sebaliknya jika solidaritas perusahaan rendah maka pelamar sedikit.

k.  Kondisi-kondisi lingkungan eksternal

     Jika kondisi perekonomian tumbuh dengan cepat saingan banyak, maka pelamar akan sedikit. Sebaliknya jika tingkat pertumbuhan perekonomian kecil/depresi maka pelamar semakin banyak.

No comments :

Post a Comment