Wednesday 20 April 2016

Penyederhanaan Pekerjaan

Penyederhanaan Pekerjaan
                     Penyederhanaan pekerjaan adalah penggunaan logika untuk mencari penggunaan yang paling ekonomis dari usaha manusia, materi, mesin-mesin, waktu dan ruangan agar cara-cara yang paling baik dan palin mudah dalam mengerjakan pekerjaan dapat digunakan.
                     Prinsip penyederhanaan pekerjaan adalah agar pemborosan dalam rangka melaksanakan pekerjaan harus ditiadakan dengan  jalan menerapkan penyederhaan-penyederhanaan pekerjaan secara mantap, menekankan usaha membuat setiap komponen pekerjaan menjadi produktif melalui jalan penerapan akal sehat yang terutama dibantu oleh partisipasi pengetahuan para pekerja.
                     Penyederhaan pekerjaan terjadi karena spesialisasi yang lebih mendetail diterapkan dalam perusahaan tersebut. Ini berarti pekerjaan disederhanakan. Tugas-tugas suatu pekerjaan itu dibagi menjadi dua. Pekerjaan yang masih ada berisi tugas-tugas yang lebih sedikit.
                     Simplifikasi pekerjaan ini mengakibatkan hal-hal berikut :
      a. Struktur organisasi perusahaan semakin melebar.
      b.  Pekerjaan-pekerjaan bisa menjadi terlalu spesialisasi, sehingga menimbulkan kebosanan yang pada gilirannya menyebabkan kesalahan-kesalahan atau permintaan keluar.
      c.  Pekerja semakin produktif sehingga keuntungan ekonomis dari spesialisasi akan diperoleh.

Contohnya adalah :
            Pada uraian pekerjaan, jabatan Tono tercantum “mencatat surat-surat masuk dan surat-surat keluar dalam buku agenda serta mengantarkan surat-surat keluar ke kantor pos”. Tetapi karena surat-surat yang akan diagenda semakin banyak, maka tugas untuk mengantarkan surat-surat kekantor pos dikerjakan oleh Budi, maka pekerajaan Tono dikurangi, spesialisasinya hanya mengagenda surat saja. Untuk kasus seperti ini bukanlah disebut promosi, demosi ataupun lateral sebab jabatannya tetap hanya pekerjaannya saja yang dikurangi.
           Dalam menganalisis pekerjaan perlu memperhitungkan : job content (isi pekerjaan), job dept (kedalaman pekerjaan), job range (jajaran pekerjaan), job relationship (hubungan pekerjaan), job rotation (rotasi pekerjaan) dan job order technology (teknologi pekerjaan menurut pesanan).

Perluasan Pekerjaan adalah :
            Memperbanyak tugas atau pekerjaan kepada seseorang karyawan dalam jabatannya untuk meningkatkan variasi pekerjaan dan mengurangi sifat pekerjaan yang membosankan. Dengan pengetahuan dan ketrampilan dan ketrampilan yang masih tetap, tambahan pekerjaan dapat dikerjakan.
            Dalam kasus perluasan pekerjaan masalah pokok adalah menghentikan spesialisasi yang berlebihan untuk mengurangi kebosanan dan sifat menoton. Dengan cara ini diharapkan akan dihasilkan prestasi yang lebih baik dan membuat karyawan lebih terpusatkan dan termotivasi secara efektif.

No comments :

Post a Comment