Wednesday 20 April 2016

Sistem Angka (Point System

Sistem Angka (Point System
     Sistem angka paling banyak digunakan dalam praktek, karena disamping menggunakan upah sebagai pembanding, juga digunakan angka, Sistem angka member nilai pada pekerjaan dengan mempergunakan standar ukuran-ukuran nilai, satu ukuran untuk tiap unsur pekerjaan yang umumnya terdapat pada semua pekerjaan yanag akan kita nilai. Selanjutnya dengan menjumlahkan beberapa ukuran-ukuran itu didapatkan nilai dalam angka untuk setiap pekerjaan.
     Langkah-langkah dalam sistem angka :
      a. Buatlah dan tentukan suatu daftar faktor pekerjaan (tabel faktor pekerjaan) yang umumnya terdapat pada semua pekerjaan yang akan dinilai.
      b.  Buatlah suatu standard ukuran untuk tiap faktor/unsur pekerjaan.
      c.  Dari deskripsi pekerjaan siapkan suatu tabel yang memperlihatkan secara kualitatif sampaui tingkat mana tiap pekerjaan itu mempunyai faktor-faktor tersebut dalam langkah pertama. Untuk keperluan tersebut susunlah suatu tabel yang memperlihatkan tingkatan unsur masing-masing.
      d.  Pergunakanlah satuan ukuran/standar yang tersebut pada langkah ke 2 diatas untuk merubah dari gambaran kualitatif kepada unit-unit kuantitatif.
      e.  Jumlahkan untuk tiap pekerjaan itu angka-angka yang diperoleh dari masing-masing faktor.
      f.  urutkan (susun rangking) pekerjaan-pekerjaan itu sesuai dengan angka (scores) yang didapat dalam langkah sebelum ini (langkah ke 2).

      g.  Tentukan nilai rupiahnya yang akan diberikan pada masing-masing pekerjaan didalam urutan pekerjaan. 

No comments :

Post a Comment