2. Deskripsi
dan Spesifikasi Pekerjaan
a. Dekripsi Pekerjaan
Deskripsi pekerjaan adalah suatu pernyataan
tertulis yang menguraikan fungsi tugas-tugas, tanggung jawab, wewenang, kondisi
kerja dan aspek-aspek pekerjaan tertentu lainnya, yang terdiri dari :
- Identifikasi pekerjaan
- Uraian singkat tentang pekerjaan
- Hubungan dengan pekerjaan-pekerjaan
lain
- Tanggung jawab dan tugas-tugas yang
dilaksanakan
- Wewenang
- Kondisi kerja
Contoh Deskripsi Pekerjaan
Nama Pekerjaan : Manajer Pelatihan dan
Pengembangan
Kode
Pengembangan : B-55555
Tanggal : 17 Juni
2009
Departemen : Personalia
Uraian singkat pekerjaan :
Di bawah
supervisi umum Direktur Personalia
mengembangkan, menyelenggarakan dan mengevaluasi program-program pelatihan on
the job dan off the job. Bertindak sebagai penasehat bagi manajemen operasional
dalam pelaksanaan pelatihan.
Tugas-tugas :
1. Bekerjasama
dengan para anggota manajemen lainnya untuk menentukan kebutuhan pelatihan.
2. Mengembangkan struktur program pelatihan
dengan persetujuan direktur personalia.
3. melakukan penelitian tentang metode pelatihan
yang efektif
4. Mempersipakan bahan-bahan pelatihan yang
diperlukan
5. Lain-lain
Wewenang :
1. Menentukan
instruktur-instruktur pelaksana program pelatihan
2. Mengusulkan
program-program pelatihan yang diperlukan.
3. Lain-lain
Tanggung Jawab :
1. Bertanggung
jawab atas kelancaran program-program pelatihan
2. Bertanggung
jawab atas biaya pelatihan.
Hubungan Lini :
Atasan
langsung : Direktur Personalia
Bawahan
langsung : Para Pelatih, Kabag
Administrasi Peltihan
Kondisi Kerja :
-
Suasana
kantor : nyaman
-
Jam
kerja : 08.00 – 17.00
b.
Spesifikasi Pekerjaan
Spesifikasi pekerjaan merupakan suatu
pernyataan tentang kualitas pribadi, ciri-ciri, ketrampilan dan latar belakang
yang diperlukan seorang karyawan untuk melaksanakan pekerjaan sebagaimana
mestinya.
Spesifikasi pekerjaan menjawab
pertanyaan, “ketrampilan, ciri manusia dan pengalaman kerja bagaimana yang
diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan ini dengan baik.
Contoh
Spesifikasi Pekerjaan
PERUSAHAAN
CV. ANGIN MAMIRI
Nama Jabatan : Kepala Bagian Komputer
Kode Jabatan : D-240
Tanggal : 11 Januari 2008
Penyusun : Sarah Mitha Tiara
Departemen : Divisi Administrasi
Lokasi :
Jalan Tidar 22 Surabaya
Persyaratan pekerjaan :
- Pendidikan : Akademi
computer, menguasai computer, mempunyai ketrampilan dalam menggunakan computer
dan memprogram computer
- Pengalaman : 3 tahun
bekerja di bidang komputer
- Persyaratan Fisik : Kesehatan
baik untuk melakukan pekerjaan dan mempunyai stamina serta daya tahan cukup
kuat untuk melaksanakan tugas-tugas berat.
- Persyaratan Mental : Jujur,
inisiatif dan kreatif dapat mengambil keputusan secara cepat, mampu menganalisis
dan membuat berbagai output informasi yang bermutu tinggi.
- Supervisi : Rentang
kendali 3-9 orang lulusan SMTA, mampu berkomukasi efektif lisan maupuntertulis,
vertikal dan horizontal dalam perusahaan.
- Kondisi kerja : Baik, 75
% duduk di atas kursi yang nyaman, tenang dan dalam ruang ber AC.
3. Evaluasi Pekerjaan
A. Pengertian dan Arti Penting
Evaluasi Pekerjaan
Evaluasi Pekerjaan adalah suatu metode
sistematis untuk mengukur nilai suatu pekerjaan terhadap pekerjaan lain dalam
perusahaan. Dalam evaluasi, manajemen
berupaya mempertimbangkan dan mengukur masukan-masukan para karyawan
yang diperlukan (misalnya ketrampilan, usaha tanggung jawab dan lain
sebagainya). Untuk prestasi kerja minimum dan untuk menjabarkan ukuran-ukuran
itu menjadi nilai-nilai tertentu.
Evaluasi pekerjaan
dimaksudkan untuk mengidentifikasi pekerjaan-pekerjaan mana yang harus dibayar
lebih tinggi daripada pekerjaan lainnya dan juga menentukan besarnya upah
diferensial antara dua pekerjaan tertentu. Disamping itu manajemen dapat
mengharapkan bahwa evaluasi pekerjaan akan memberikan kepuasan baik kepada
perusahaan maupun pada karyawan dalam pengupahan dan penggajian.
B. Tujuan
Evaluasi Pekerjaan
1. Untuk menemukan nilai perbandingan
antara suatu pekerjaan dengan pekerjaan lain, agar dapat diketahui bobot
masing-masing pekerjaan didalam perusahaan.
2. Memungkinkan
pimpinan perusahaan dapat menilai tingkat upah/gaji yang dibayarkan untuk
masing-masing pekerjaan.
3. Membantu
pimpinan perusahaan dalam usaha mengurangi atau mencegah ketidakadilan yang
mungkin ditemukan dalam system pengupahan/penggajian yang berlaku.
C. Kegunaan
Evaluasi Pekerjaan
1. Memperlihatkan
nilai relative dari pekerjaan dalam perusahaan.
2. Dapat
menghindarkan atau memperkecil ketidakadilan dalam upah/gaji untuk pekerjaan
sejenis dalam bagian yang sama atau didalam bagian-bagian yang berlainan.
3. Membantu
dalam menentukan nilai relative dari pekerjaan-pekerjaan yang baru, yang belum
ada sebelumnya.
4. membantu
dalam menyusun suatu tingkat upah/gaji yang memuaskan untuk seluruh pekerjaan
didalam perusahaan.
5. Dalam
perusahaan-perusahaan yang mempunyai lebih dari satu pabrik, evaluasi pekerjaan
membantu dalam memelihara/mempertahankan suatu tingkat standarisasi pekerjaan,
sekalipun tingkat upah mungkin berbeda antar pabrik.
6. Suatu
hasil lain dari evaluasi pekerjaan adalah standarisasi pekerjaan dan deskripsi
pekerjaan yang diteliti bergunan dalam menunjukkan garis-garis promosi dan
seleksi serta training karyawan.
7. memberikan
suatu dasar untuk memecahkan perselisihan tentang upah/gaji.
No comments :
Post a Comment