Penyederhanaan Pekerjaan
Penyederhanaan pekerjaan adalah
penggunaan logika untuk mencari penggunaan yang paling ekonomis dari usaha
manusia, materi, mesin-mesin, waktu dan ruangan agar cara-cara yang paling baik
dan palin mudah dalam mengerjakan pekerjaan dapat digunakan.
Prinsip penyederhanaan
pekerjaan adalah agar pemborosan dalam rangka melaksanakan pekerjaan harus
ditiadakan dengan jalan menerapkan
penyederhaan-penyederhanaan pekerjaan secara mantap, menekankan usaha membuat
setiap komponen pekerjaan menjadi produktif melalui jalan penerapan akal sehat
yang terutama dibantu oleh partisipasi pengetahuan para pekerja.
Penyederhaan pekerjaan
terjadi karena spesialisasi yang lebih mendetail diterapkan dalam perusahaan
tersebut. Ini berarti pekerjaan disederhanakan. Tugas-tugas suatu pekerjaan itu
dibagi menjadi dua. Pekerjaan yang masih ada berisi tugas-tugas yang lebih
sedikit.
Simplifikasi pekerjaan ini
mengakibatkan hal-hal berikut :
a. Struktur
organisasi perusahaan semakin melebar.
b. Pekerjaan-pekerjaan
bisa menjadi terlalu spesialisasi, sehingga menimbulkan kebosanan yang pada
gilirannya menyebabkan kesalahan-kesalahan atau permintaan keluar.
c. Pekerja
semakin produktif sehingga keuntungan ekonomis dari spesialisasi akan
diperoleh.
Contohnya adalah :
Pada uraian pekerjaan, jabatan Tono
tercantum “mencatat surat-surat masuk dan surat-surat keluar dalam buku agenda
serta mengantarkan surat-surat keluar ke kantor pos”. Tetapi karena surat-surat
yang akan diagenda semakin banyak, maka tugas untuk mengantarkan surat-surat
kekantor pos dikerjakan oleh Budi, maka pekerajaan Tono dikurangi,
spesialisasinya hanya mengagenda surat saja. Untuk kasus seperti ini bukanlah
disebut promosi, demosi ataupun lateral sebab jabatannya tetap hanya
pekerjaannya saja yang dikurangi.
Dalam menganalisis pekerjaan perlu
memperhitungkan : job content (isi pekerjaan), job dept (kedalaman pekerjaan),
job range (jajaran pekerjaan), job relationship (hubungan pekerjaan), job
rotation (rotasi pekerjaan) dan job order technology (teknologi pekerjaan
menurut pesanan).
Perluasan Pekerjaan adalah :
Memperbanyak tugas atau pekerjaan
kepada seseorang karyawan dalam jabatannya untuk meningkatkan variasi pekerjaan
dan mengurangi sifat pekerjaan yang membosankan. Dengan pengetahuan dan
ketrampilan dan ketrampilan yang masih tetap, tambahan pekerjaan dapat
dikerjakan.
Dalam kasus perluasan pekerjaan
masalah pokok adalah menghentikan spesialisasi yang berlebihan untuk mengurangi
kebosanan dan sifat menoton. Dengan cara ini diharapkan akan dihasilkan
prestasi yang lebih baik dan membuat karyawan lebih terpusatkan dan termotivasi
secara efektif.
No comments :
Post a Comment