Harold
Koontz dan Cyril O’Donnel
Management is getting things done
through people. In bringing about this coordinating of group activity, the
manager, as a manager plans, organizers, staffs, direct and control the
activities other people.
Artinya
:
Manajemen adalah usaha untuk mencapai
suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan
koordinasi atas sejumlah aktivitas orang lain yang meliputi perencanaan,
pengorganisasian, penempatan, pengarahan dan pengendalian.
GR.
Terry
Management is a distinct process
consisting of planning, organizing, actuating and controlling performed to
determine and accomplish stated objectives by the use of human being and other
resources.
Artinya
:
Manajemen adalah suatu proses yang
khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai
sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan
sumber-sumber lainnya.
SP.
HASIBUAN
Manajemen adalah ilmu dan seni
mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya
secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
SONDANG
P. SIAGIAN
Manajemen adalah kemampuan dan
ketrampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui
kegiatan-kegiatan orang lain.
Apabila dilihat definisi tersebut, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. Manajemen mempunyai tujuan yang
ingin dicapai
2. Manajemen
merupakan perpaduan antara ilmu dan seni
3. Manajemen
merupakan proses yang sistematis, terkoordinasi, kooperatif dan terintegrasi
dalam memanfaatkan unsur-unsurnya 6 M.
4, Manajemen
baru dapat diterapkan jika ada dua orang
atau lebih melakukan kerjasama dalam suatu organisasi.
5. Manajemen
harus didasarkan pada pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab,
6. Manajemen
terdiri dari beberapa fungsi (POSDC)
7. Manajemen
hanya merupakan alat untuk mencapai tujuan
2. Arti dan Tujuan Manajemen
Manajemen
diartikan sebagai kiat (gabungan dari seni dan ilmu) mengelola semua sumber daya yang dimilki organisasi agar
tujuan organisasi dapat tercapai secara efisien. Ada beberapa faktor yang
penting untuk dijelaskan dalam membahas arti dan tujuan manajemen ini, yaitu :
a. Kiat
b. Mengatur/mengelola
c. Sumber daya
d. Tujuan organisasi
e. Efisien
a.
Kiat
Kiat
adalah cara, strategi /metode untuk melakukan sesuatu, yang merupakan gabungan
antara ilmu dan seni. Sebagai ilmu, manajemen memiliki ciri-ciri yang biasa
kita temui dalam dunia keilmuan (dapat dipelajari dan diulang-ulang prosesnya
serta mengandung rasionalitas yang diterima secara objektif).
Sebagai
seni, manajemen banyak berhubungan dengan hal-hal yang subyektif dan kualitatif
secara rasa, intuisi, pengindraan tersembunyi. Seseorang yang tidak pernah
mempelajari ilmu manajemen mungkin saja berhasil menjadi manajer yang baik
asalkan ia menguasai seni manajemen. Karena itu, banyak orang gagal menjadi
manajer yang baik. Meskipun ia lulus dari sekolah manajemen yang baik. Orang
semacam ini memiliki ilmu yang baik tentang manajemen, tetapi gagal memiliki seni manajemen.
b.
Mengatur/mengelola
Manajemen
adalah kiat mengatur atau mengelola. Apa yang diatur ? Mengapa harus diatur ?
Yang diatur adalah semua sumber daya yang dimiliki organisasi, baik sumber daya
manusia maupun non manusia, semua sumber daya tersebut harus diatur karena sumber
daya tersebut terbatas, karena itu harus digunakan sebaik-baiknya agar tujuan
organisasi dapat berjalan secara optimal sesuai dengan rencana yang telah
ditetapkan.
c. Sumber Daya
Apa saja yang diatur dalam manajemen ? Ada beberapa hal
yang secara tradisional perlu diatur yaitu 6 M + 1 I (Man, Money, Method,
Machines, Materials dan Market dan Informasi). Dikatakan secara tradisional
karena 6 M dan 1 H inilah yang terlibat secara nyata dalam proses manajemen,
baik dalam organisasi yang menghasilkan produk nyata (tangible products) maupun
organisasi penghasil jasa (intangible products).
d. Tujuan Organisasi
Semua organisasi pasti mempunyai tujuan. Dengan tujuan
inilah yang menjadi alasan utama mengapa sekumpulan orang mendirikan
organisasi. Banyak orang yang bergabung disuatu organisasi tidak pernah
mengetahui secara persis apa tujuan organisasinya.
Untuk
memahami tujuan organisasi, kita perlu menyadari bahwa sedikitnya ada tingkatan
tujuan dalam organisasi, yaitu tujuan organisasi secara umum, tujuan setiap
unit kerja yang terdapat dalam organisasi dan tujuan anggota organisasi yang
ada pada setiap unit.
e. Efisien
Kata efisien selalu terkait dengan kata efektif. Efektif
bermakna tercapainya tujuan. Karena itu, jika suatu organisasi tidak efektif
(tidak berhasil mencapai tujuan-tujuannya) maka tidak ada gunanya lagi kita
mempertanyakan lagi apakah organisasi tersebut efisien atau tidak.
Sebuah
organisasi atau manajemen dikatakan efisien, apabila telah berhasil mencapai
tujuan-tujuannya dengan menggunakan sumber daya yang dimiliki dalam skala dan
jumlah minimal. Ini sesuai dengan prinsip ekonomi yang paling dasar yakni
memenuhi kebutuhan secara maksimal (efektif) dengan biaya yang minimal
(efisien).
No comments :
Post a Comment